Tanda Kipas Radiator Mobil Rusak Jangan Anggap Sepele 8 Hal Ini

tanda kipas radiator mobil rusak

Tanda kipas radiator mobil rusak tidak bisa diketahui hanya dengan mengandalkan indera perasa saja. Dibutuhkan beberapa pengecekan supaya hasilnya lebih akurat. Kebiasaan melakukan pengecekan akan memudahkan Anda menemukan kejanggalan saat hembusan kipas melemah.

Kipas radiator merupakan salah satu komponen mobil yang berfungsi menjaga kondisi suhu air pendingin dan mesin saat bekerja selalu dalam kondisi yang sesuai. Selain itu, kipas juga berfungsi mendinginkan suhu kondensor AC supaya selalu dalam kondisi normal. 

8 Tanda Kipas Radiator Mobil Rusak yang Mudah Dideteksi

Jangan buru-buru menyalahkan air radiator ketika mesin mobil tiba-tiba overheat. Mungkin salah satu penyebabnya adalah kipas radiator usang sehingga tidak bisa berfungsi lagi sebagaimana mestinya. 

Mengingat fungsi kipas sangat penting, maka ada baiknya Anda mengetahui lebih awal saat komponen tersebut mengalami masalah. Jadi, tidak perlu menunggu sampai kipas rusak parah, Anda bisa langsung mengatasinya. Lantas, apa saja gejala yang menunjukkan adanya kerusakan pada kipas radiator? Simak tanda-tandanya berikut ini.

Mesin Ngelitik

Jika Anda mendengar ada bunyi ketukan saat mesin dihidupkan, bisa jadi penyebabnya adalah adanya kerusakan pada kipas radiator. Otomatis ini adalah tanda kipas radiator mobil rusak. Dalam dunia otomotif, kondisi mesin ngelitik ini disebut engine knocking.

Kondisi ini terjadi karena mesin mengalami overheat sebagai akibat pre-ignition. Suhu mesin yang terlalu tinggi inilah yang menimbulkan terjadinya pembakaran dini dan menimbulkan suara ketukan.

Tali Kipas Putus

Tanda kipas radiator mobil rusak berikutnya adalah tali kipas putus. Meski berupa tali, namun fungsi tali kipas tak kalah penting, yakni sebagai penghubung dan mengarahkan mesin bergerak menuju kipas yang membuatnya berputar. Apabila kipas tersebut putus, maka dapat dipastikan kipas tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Mesin Overheat

Saat hembusan kipas melemah, otomatis sistem pendingin tidak mampu lagi mengurangi suhu mesin yang semakin tinggi. Akibatnya, proses pendinginan pada komponen radiator membutuhkan waktu yang cukup lama.

Padahal dalam kondisi menyala, mesin terus mengalami peningkatan suhu. Inilah salah satu faktor penyebab mengapa mesin bisa mengalami overheat. 

Baca juga Hal Yang Harus Di Pertimbangkan Saat Beli Mobil

Kipas Mengeluarkan Bunyi Saat Berputar

Poros kipas yang aus mengeluarkan bunyi saat berputar. Kok bisa? Ini karena terjadi gesekan saat baling-baling kipas berputar menyentuh bagian frame.

Kipas dalam kondisi baik dibuktikan dengan saat bekerja, bunyi kipas halus sama seperti motor listrik yang berputar. Namun, saat Anda mendengar suara aneh, seperti bunyi gesekan 2 benda, maka dapat dipastikan jika kipas radiator mobil Anda rusak. 

Kerusakan Fan Controller

Tanda kipas radiator rusak berikutnya berlaku untuk mobil yang menggunakan fan controller unit. Jika bagian tersebut rusak otomatis akan mempengaruhi putaran kipas radiator sehingga kipas menjadi tidak berfungsi dengan baik.

Sekring Putus

Siapa sangka jika sekring putus juga menjadi salah satu tanda kipas radiator mobil rusak. Komponen yang satu ini berfungsi sebagai pengaman atau memutus arus listrik berlebih yang masuk ke rangkaian.

Perlu Anda ketahui jika kondisi arus listrik tidak selamanya berada dalam keadaan normal. Ada kalanya kendaraan mengalami kelebihan arus listrik sehingga membuat mesin tidak berfungsi dengan baik. Sekring bisa tiba-tiba putus jika mengalami hal tersebut dan berpengaruh pada kerja kipas radiator.

Motor Pendingin Rusak

Saat motor pendingin rusak otomatis kerja kipas radiator juga kurang maksimal. Kipas tidak akan berputar dengan baik sehingga pendingin yang diperlukan mesin juga tidak bekerja dengan baik. 

Gangguan Pada Kabel

Kipas mobil rusak juga ditunjukkan dengan adanya kabel konektor yang menuju kipas putus sehingga membuat arus listrik yang masuk tidak berfungsi dengan baik.

Itulah tadi beberapa ulasan yang saya kutip dari masjuanda mengenai tanda kipas radiator mobil rusak yang bisa kalian deteksi sendiri dirumah jika ada kendala yang terjadi.

Setelah mengetahui beberapa tanda kipas radiator mobil rusak, diharapkan Anda bisa segera mengambil langkah yang tepat. Ini bertujuan agar kerusakan kipas tidak merambat ke komponen mobil yang lain.

Related Posts

Punya Uang 5000 Bisa Untuk Apa Saja? Cek Informasinya di Sini

Uang Rp5.000 saat ini kerap dipandang sebelah mata. Namun tahukah Anda, bahwa punya uang 5000 juga sudah cukup bernilai untuk sehari-hari. Karena dengan nominal tersebut Anda bisa membayar berbagai…